Minggu, 27 September 2009

Menghalau Biaya Sekolah Mahal

Ditulis oleh Mike R. Sutikno, CFP
Selasa, 16 Juni 2009 00:00

Setiap orang tua pasti setuju bahwa pendidikan mempunyai peranan besar terhadap masa depan anaknya. Sehingga demi mendapatkan pendidikan yang terbaik, maka menyekolahkan anaknya sampai ke jenjang pendidikan yang paling tinggi adalah salah satu cara agar si anak mampu mandiri secara finansial nantinya. Namun mahalnya biaya pendidikan saat ini ditambah lagi dengan naiknya biaya pendidikan dari tahun ketahun seringkali membuat orang tua tidak mampu menyediakan dana pendidikan tersebut pada saat dibutuhkan.

Kehilangan pekerjaan dan penghasilan akibat bangkrutnya perusahaan – perusahaan yang kemudian berbuntut PHK atau dikarenakan karena ketidak pastian kondisi ekonomi juga turut menjadi penyebab ketidaksiapan orang tua dalam menyiapkan dana pendidikan anak. Bagaimana jika kehilangan penghasilan tersebut karena meninggal , sakit parah, atau kecelakaan yang menyebabkan cacat ? Siapa yang akan membayar biaya pendidikan anak Anda nanti ?

Tingginya biaya pendidikan saat ini , naiknya biaya pendidikan dari tahun ke tahun, resiko terhentinya penghasilan karena kehilangan pekerjaan atau karena meninggal atau sakit adalah sebab – sebab utama mengapa orang tua perlu mempersiapkan dana pendidikan anak sejak dini. Dengan demikian Anda akan mempunyai waktu yang lebih panjang untuk mempersiapkannya. Jika memiliki waktu persiapan yang cukup maka akan semakin mudah bagi Anda untuk mencapai target dana pendidikan yang ingin dicapai.

Berikut langkah-langkah, menghitung kebutuhan dana pendidikana anak, sbb :
1.Hitunglah berapa jumlah total dana tunai atau harta yang segera bisa diuangkan saat ini. Contoh tabungan, deposito, emas, reksa dana, saham, dan yang setara
2.Hitung berapa kebutuhan dana pendidikan anak-anak Anda tiap jenjang pendidikan. Contoh : untuk anak yang sudah kelas III SMA , maka jenjang pendidikan berikutnya adalah persiapan biaya masuk perguruan tinggi. Sedangkan untuk anak-anak yang masih di bangku SMP, maka harus dihitung biaya masuk SMA dan uang pangkal perguruan tinggi. Jumlahkan total keseluruhannya.
3.Hitung selisih antara total tersedianya dana dengan total kebutuhan dana. Jika terjadi selisih lebih berarti biaya pendidikan anak sudah tercover. Jika terjadi selisih kurang, maka lanjutkan ke langkah ke 4
4.Untuk mengatasi kekurangan dana pendidikan anak, maka ada dua solusi yang bisa dilakukan yaitu : 1) berusahalah melakukan penghematan dengan mengurangi biaya pendidikan agar dana yang tersedia cukup. Mungkin bisa dicari sekolah yang lebih terjangkau dengan kualitas yang sama tidak jauh berbeda ; 2) berusaha mengcover kekurangan dana pendidikan dengan melakukan investasi. Jika belum memiliki investasi dana pendidikan anak, Anda bisa mempersiapkannya dengan mengikuti program tabungan atau asuransi pendidikan.

Halau biaya sekolah mahal dengan menabung sejak dini. Ingat , makin panjang waktu menabungnya makin ringan setoran tabungannya makin besar akumulasi tabungannya.
FINANCIAL PLAN © 2008. Design by :vio Templates Sponsored by: gold bola