Rabu, 09 September 2009

Tabungan Untuk Biaya Sekolah

Tabungan Untuk Biaya Sekolah
oleh: Ahmad Gozali
Dikutip dari Tabloid Wanita Indonesia

Mas Ghozali,

Saya Ibu rumah tangga usaha sembako dengam omset/ hari 400 sampai 500. Suami sudah meninggal, anak-anak sekolah SD. Saya kontrak 1 tahun 5 juta. Mas mohon saran, bagaimana caranya supaya punya tabungan untuk biaya anak sekolah nanti?

Terima kasih. NN – 08128803XXXX

Jawaban:

Ibu, saya salut pada perjuangan Anda untuk tetap bisa menafkahi keluarga dan menyekolahkan anak-anak selepas kepergian suami.

Untuk biaya pendidikan anak, ada banyak produk keuangan yang bisa digunakan. Mulai dari produk yang khusus seperti tabungan pendidikan, asuransi pendidikan, atau investasi umum lainnya.

Dari omset setiap hari tersebut, saya sarankan agar ibu bisa membuat pos pengeluaran sebagai berikut: pertama, untuk belanja kembali sebesar setidaknya sesuai dengan nilai barang yang terjual. Misalnya, kalau ibu mengambil keuntungan 20%, maka dengan omset 400rb-500rb itu artinya ibu harus belanja lagi setidaknya 350rb-400rb per hari. Nah, sisanya adalah keuntungan ibu sebesar 50rb-100rb per hari.

Dari keuntungan ini, coba deh sisihkan sekitar 20%-nya setiap hari, yaitu kira-kira 50rb-100rb untuk ditabungkan. Ini berarti 10rb-20rb per hari atau 300rb-600rb per bulan. Nah, setengahnya bisa dipakai untuk dana pendidikan, dan sebagian lagi bisa untuk tabungan cadangan. Dana sebesar 300rb-600rb sebetulnya sudah cukup memadai untuk memgambil asuransi pendidikan atau tabungan pendidikan untuk biaya masuk SMP dan SMA. Sedangkan untuk kuliahnya yang masih lama, saya lebih sarankan ibu untuk mengembangkan usaha, beli properti, atau emas untuk menambah dananya.

Sementara sisa keuntungan 40rb-80rb bisa digunakan untuk biaya hidup sehari-hari. Saya lebih sarankan agar biaya hidup ini tidak diambil harian, tapi mingguan atau bulanan saja. Karena kalau diambil harian, biasanya ada keperluan besar bulanan seperti bayar telepon/listrik yang akhirnya harus mengambil lagi uang di toko.

Demikian dari saya, sukses untuk Anda.

Salam,
Ahmad Gozali
Perencana Keuangan
FINANCIAL PLAN © 2008. Design by :vio Templates Sponsored by: gold bola