Rabu, 09 September 2009

Tips Keuangan Saat Mudik

Tips Keuangan Saat Mudik
oleh: Safir Senduk
  1. Bawalah jumlah Uang Tunai yang cukup. Cukup di sini artinya bisa digunakan untuk membayar transportasi, makan, dan penginapan selama perjalanan mudik pulang pergi, serta pemberian uang yang kecil-kecil kepada sanak keluarga Anda di kampung halaman.
  2. Untuk berbelanja selama di kampung halaman, Anda bisa mengambil uang dari ATM Anda. Saya ingatkan agar jangan terlalu mengandalkan ATM dan menganggap ATM Anda tidak akan rusak atau kehabisan uang tunai. Anda perlu ATM, tetapi Anda tetap harus mengantisipasi kalau-kalau ATM Anda rusak atau tidak bisa dipakai.
  3. Selama di kampung halaman, Kartu Debet atau Kartu Kredit bisa Anda gunakan bila Anda berbelanja di pertokoan bersama sanak keluarga Anda.
  4. Bila Anda ingin membawa jumlah uang yang cukup besar untuk bisa dicairkan dan digunakan di kampung halaman, Anda bisa menggunakan Cek Perjalanan. Untuk keamanan, saya sarankan agar Anda menggunakan Cek Perjalanan Atas Nama.
  5. Bila Anda ingin memberikan jumlah uang yang cukup besar untuk bisa diberikan kepada sanak keluarga Anda di kampung halaman, Anda bisa menggunakan Cek Perjalanan. Sangat disarankan agar Anda menggunakan Cek Perjalanan Atas Unjuk, sehingga biar dia sendiri nanti (orang yang Anda berikan) yang akan mencairkannya.
Selamat mudik. Semoga perjalanan Anda selamat.
FINANCIAL PLAN © 2008. Design by :vio Templates Sponsored by: gold bola